Sabtu, 10 Maret 2012

Cerita Legenda

ASAL MULA NAMA DESA PRUPUH

Desa Prupuh adalah salah satu desa di kecamatan Panceng, kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Berikut adalah sekilas tentang asal mula nama dari desa Prupuh.. Cekidooottttt :D


Zaman dulu ada seorang pendeta yang datang ke desa Prupuh. Waktu itu desa Prupuh bernama desa “Matamu”(dalam bahasa jawa, kata matamu adalah kata-kata kasar untuk mengejek seseorang). Pendeta itu pun berjalan-jalan di sawah yang ada di desa Matamu. Karena ia belum tahu nama desa yang ia kunjungi, ia pun bermaksud bertanya kepada seorang petani yang saat itu sedang menjaga padi miliknya di sawah. “Apa nama desa ini, Pak?”, Tanya sang pendeta. “Desa Matamu”, jawab si petani. Perkataan si petani itu menyingung perasaan sang pendeta karena pendeta menganggap petani itu mengejek dirinya. Tanpa berpikir panjang, petani itu pun langsung dipupuhi (=dipukuli) oleh si pendeta hingga terluka parah.
                Setelah kejadian itu, pendeta pun memutuskan untuk berjalan-jalan di area perkampungan. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang anak kecil. Karena masih penasaran dengan nama desa yang ia kunjungi, ia pun bertanya kepada anak kecil tersebut. “Ini desa apa ya, dik?” Tanya pendeta. “Desa Matamu”, jawab anak kecil tersebut. Sontak si pendeta merasa tersinggung kembali dan memupuhi anak kecil tersebut hingga terluka parah.
                Karena merasa penasaran karena ketika ia bertanya tentang nama desa tersebut selalu dijawab dengan kata  yang sama dan bernada mengejek, ia pun memutuskan pergi ke rumah kepala desa untuk memastikan kebenarannya. “Memang benar, Pak. Nama desa ini adalah desa Matamu”, terang sang kepala desa kepada pendeta. Setelah mendengar hal tersebut, pendeta pun langsung mendatangi rumah petani dan anak kecil yang ia pupuhi tadi karena merasa bersalah.
                Sejak kejadian itu, akhirnya kepala desa memutuskan untuk mengganti nama desa tersebut menjadi desa Pupuh agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Kata pupuh tersebut diambil dari kata “dipupuhi” (=dipukuli). Namun karena para warga salah mendengarkan, dikiranya desa Prupuh pakai huruf R, maka sampai saat ini desa tersebut diberi nama desa Prupuh.



Nah, itulah sekilas tentang asal mula nama desa Prupuh. Semoga bisa bermanfaat .. :)

1 komentar: